FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYEMBUHAN LUKA POST OPERASI SECTIO CAESAREA (SC)

Herlina Abriani Puspitasari1, Basirun -, Tri Sumarsih

Abstract


Perawatan luka merupakan salah satu teknik yang harus dikuasai oleh perawat. Prinsip utama dalam manajemen perawatan luka adalah pengendalian infeksi karena infeksi menghambat proses penyembuhan luka sehingga menyebabkan angka morbiditas dan mortalitas bertambah besar. Infeksi luka post operasi merupakan salah satu masalah utama dalam praktek pembedahan. Dengan berkembangnya era asepsis, teknik operasi serta perawatan bedah maka komplikasi luka pasca operasi cenderung menurun. Jika luka pasien mengalami infeksi menyebabkan masa perawatan lebih lama, sehingga biaya perawatan di rumah sakit menjadi lebih tinggi (Morison, 2003).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyembuhan luka post operasi SC (Sectio Caesarea) di RS PKU Muhammadiyah Gombong. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Subjek penelitiannya adalah pasien post operasi SC (Sectio Caesarea) pada hari ke empat di RS PKU Muhammadiyah Gombong periode 2010-2011 sebanyak 38 responden. Data berskala ordinal ordinal dan nominal ordinal sehingga dianalisis dengan uji spearman rho (ρ) dan chi-square. Sedangkan untuk menentukan faktor dominan yang mempengaruhi penyembuhan luka post operasi SC digunakan uji regresi linier.

Hasil analisa statistik dengan uji regresi linier didapatkan hasil bahwa faktor paling dominan yang mempengaruhi penyembuhan luka post operasi SC di RS PKU Muhammadiyah Gombong adalah personal hygiene (p = 0,000) kemudian disusul oleh status gizi (konsumsi) dengan nilai probabilitas (Sig) 0,004 dan yang terakhir adalah penyakit DM (Diabetes Mellitus) dengan nilai probabilitas (Sig) 0,007. Faktor paling dominan yang mempengaruhi penyembuhan luka post operasi SC di RS PKU Muhammadiyah Gombong adalah personal hygiene.

Kata kunci : Penyembuhan luka, faktor status gizi (konsumsi), personal hygiene, dan penyakit DM (Diabetes Mellitus).

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.