HUBUNGAN PARITAS, UMUR DAN USIA KEHAMILAN DENGAN JARAK KUNJUNGAN ANTENATAL CARE TRIMESTER III DI MASA PANDEMI COVID 19 DI PMB BRIDA KITTY DINARUM VWY

Umi Laelatul Qomar, Lutfia Uli Na’mah, Brida Kitty Dinarum Vina Walno Yelvin

= https://doi.org/10.26753/jikk.v16i2.512
Abstract views = 452 times | views = 190 times

Abstract


Pendahuluan: Bencana non alam yang disebabkan oleh Corona Virus atau COVID-19 telah berdampak meningkatnya jumlah korban dan kerugian harta benda, meluasnya cakupan wilayah yang terkena bencana, serta menimbulkan implikasi pada aspek sosial ekonomi yang luas di Indonesia Wanita hamil lebih beresiko dalam penularan penyakit menular seperti Covid-19 baik secara fisilogis maupun psikologis. Pengawasan antenatal memberikan manfaat dengan ditemukannya berbagai kelainan yang menyertai kehamilan secara dini, sehingga dapat diperhitungkan dan dipersiapkan antisipasi yang tepat dalam pertolongan persalinannya

Tujuan: Mengetahui hubungan paritas, umur dan usia kehamilan dengan jarak kunjungan antenatal care selama pandemi Covid 19

Metode: merupakanpenelitian deskriptif korelatif, dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling pada tempat penelitian selama bulan Mei 2020. Uji statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah uji statistik chi square

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan dari 35 responden yang ada bahwa 65,7% merupakan primipara, 91,4% berumur 20-35 tahun, dan 54,3% memiliki usia kehamilan ≥ 37 minggu. Kunjungan antenatal care responden 80% berjarak 1 pekan. Analisis bifariat menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara paritas, umur dan usia kehamilan dengan jarak kunjungan antenatal care selama pandemi Covid 19 dengan nilai α >0,05. Pada variabel paritas nilai alfa 0,88, variabel umur 0,66 dan pada variabel usia kehamilan 0,241. Kunjungan antenatal care tidak dipengaruhi oleh paritas, umur dan usia kehamilan. Hal tersebut dimungkinkan ibu hamil merasa bahwa kesehatan ibu dan janin selama hamil dianggap penting sehingga tetap melakukan kunjungan  sesuai jadwal. Selain itu kesiapan BPM dalam mencegah penyebaran covid sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan dapat dimungkinkan membuat responden nyaman dan tidak merasa takut untuk melakukan kunjungan antenatal care.


Kata Kunci: Paritas, Umur, Usia kehamilan, ANC dan Covid-19


Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pelayanan Antenatal, Persalinan, Nifas dan Bayi Baru Lahir di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Durankuş F, Aksu E. . (2020). Effects of the COVID-19 pandemic on anxiety and depressive symptoms in pregnant women: a preliminary study. Matern Fetal Neonatal Med May, 1-7.

Kemenkes. (2018). Pentingnya Pemeriksaan Kehamilan (ANC) di Fasilitas Kesehatan. Jakarta.

Mufdlilah. (2009). ANC Fokus, Antenatal Care Focused. Yogyakarta: Nuha Medika.

Manuaba, Ida Ayu Chandranita dkk. (2010). Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, dan KB Untuk Pendidikan Bidan, Ed.2, . Jakarta: EGC.

Notoatmodjo S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012. Jakarta: Rineka Cipta.

Agus Y & Horiuchi S. (2012). Factors influencing the use of antenatal care in. Bio Medical Central Pregnancy and Chilbirth.

Ho PL, Tang XP, Seto WH. (2003). SARS: hospital infection control and admission strategies. Respirology, S41-S4.

Bethsaida Janiwarty & Herri Zan Pieter. (2013). Pendidikan Psikologi untuk Bidan Suatu Teori dan Terapannya. Yogyakarta: Andi Offset.

Syarifah Nuraini dan Aan Kurniawan. (2015). Dinamika Pemilihan Pemeriksaan Kehamilan Dan Persalinan Di Puskesmas Kassi-Kassi, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan – Vol. 18 No. 2, 131-139.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIKK Stats

This journal (p-ISSN:1858-0696; e-ISSN:2598-9855) is licensed under

a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Creative Commons License

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412.

Phone: (0287) 472433 | Email: jikkstimugo@gmail.com