PENERAPAN ASUHAN SAYANG IBU SELAMA PROSES PERSALINAN DI BIDAN WILAYAH PUSKESMAS GOMBONG I DAN GOMBONG II

ayu pramitasari, Basirun -, umi laelatul qomar

Abstract


Mortalitas dan morbiditas pada wanita hamil dan bersalin adalah masalah besar di negara berkembang. Banyak penyulit dan komplikasi yang menyebabkan kematian ibu dan bayi dapat dihindarkan jika persalinan dikelola dengan baik. Untuk meningkatkan dan mengembangkan mutu dalam memberikan asuhan dalam persalinan bidan dituntut untuk menerapkan pedoman asuhan sayang ibu selama proses persalinan.

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana gambaran penerapan asuhan sayang ibu selama proses persalinan di bidan wilayah Puskesmas Gombong I dan Gombong II yang meliputi: dukungan bidan, tindakan bidan sebelum melakukan asuhan persalinan, praktek-praktek pencegahan infeksi, dan asuhan setelah bayi baru lahir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bersifat kuantitatif. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan jumlah populasi 24 bidan di Wilayah Puskesmas Gombong I dan Gombong II.

Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa seluruh responden (100%) melakukan penerapan asuhan sayang ibu selama proses persalinan dengan baik. Penerapan asuhan sayang ibu meliputi; dukungan bidan 100% memberikan dukungan dengan baik,  tindakan bidan sebelum melakukan asuhan persalinan dilakukan dengan baik sebanyak 17 responden 77%, cukup 4 responden 18% dan kurang hanya 1 responden 5%, praktek-praktek pencegahan infeksi dilakukan bidan  sudah baik yaitu 22 responden 100%; asuhan setelah bayi lahir dengan kriteria baik 15 responden 68% dan dengan kriteria cukup 7 responden 32%.

 

Kata kunci : Asuhan sayang ibu, proses persalinan.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View JIKK Stats

This journal (p-ISSN:1858-0696; e-ISSN:2598-9855) is licensed under

a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Creative Commons License

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412.

Phone: (0287) 472433 | Email: jikkstimugo@gmail.com