SIMULASI PENANGANAN KORBAN BENCANA BANJIR WILAYAH SEMPOR DI LAPANGAN TEMBAK BEJIRUYUNG SEMPOR KEBUMEN

Hendri Tamara Yuda, Putra Agina Widyaswara Suwaryo

Abstract


 

Provinsi Jawa Tengah masuk dalam 5 besar provinsi dengan frekuensi kejadian krisis kesehatan tertinggi dan jumlah korban tertinggi, salah satunya akibat bencana alam. Bencana dapat terjadi kapan saja dan dimana saja termasuk di Kabupaten Kebumen yang merupakan daerah rawan bencana. Bencana yang mengancam di Kebumen yaitu Banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, waduk jebol (Sempor dan Wadas Lintang). Untuk meningkatkan pengalaman dan keterampilan mahasiswa KSR, Palasigo , Dosen dan RS Klaster Kesehatan di Kebumen tentang penanganan bencana waduk sempor, telah diadakan pengabdian masyarakat yang meliputi simulasi penanganan korban bencana banjir waduk Sempor di Lapangan Tembak Secata Gombong. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota KSR, Palasigo, dosen dan anggota Klaster kesehatan dalam penanganan korban bencana banjir waduk sempor. Metode yang dilakukan yaitu koordinasi awal, simulasi penanganan pasien di RS Lapangan dan kegiatan paska bencana. Kegiatan simulasi penanganan bencana banjir memberikan pengalaman dan praktik mahasiswa KSR, Dosen, dan klaster kesehatan dalam menghadapi bencana. Rencana tindak lanjut yaitu perlunya diadakan kegiatan kepada masyarakat sekitar seperti pelatihan penanganan pertama korban.


Full Text:

PDF

References


Depkes. (2008). Pedoman Teknis Penanggulangan Krisis Akibat Bencana. Jakarta

Hipgabi. (2012). Kumpulan materi pelatihan Emergency Nursing. Jakarta

Junaidi, I. (2011). Pedoman pertolongan pertama yang harus dilakukan saat gawat darurat medis. Yogyakarta: Penerbit Andi

Kemenkes. (2016). Tinjauan Penanggulangan Krisis Kesehatan Tahun 2016. Jakarta

Maschmud R. (2009). Peran Petugas Kesehatan Dalam Penanggulangan Bencana Alam. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol 3 No 1 Tahun 2009, hal 28.

Mistra. 2007. Antisipasi Rumah di Daerah Rawan Banjir. Griya Kreasi, Jakarta

Rahayu. Dkk. (2009). Banjir dan Upaya Penanggulangannya. Bandung : Pusat. Mitigasi Bencana (PMB-ITB

Undang-Undang No 24 Tahun 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Stats

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong

Address: Jl. Yos Sudarso No.461 Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412. Phone: (0287) 472433

Email: jurnal.empati@gmail.com